cover-buku-menjadi-kepala-sekolah-efektifOleh: Ahmad Makki Hasan*)

Judul : Menjadi Kepala Sekolah Efektif
Penulis : Abdullah Munir
Penerbit : Ar-Ruzz Media – Yogyakarta
Cetakan I : September 2008
Tebal : 124 halaman

Bila kepala sekolah mempunyai keahlian yang lengkap sebagai pemimpin, bila guru mempunyai keahlian memadia dalam mengajar dan bila peserta didik bisa belajar dan mampu menyerap segala materi pelajaran, maka tentu segala apa yang menjadi keinginan semua orang terhadap insan dunia pendidikan kita akan terwujud. Namun, dalam konteks ini, untuk dapat menjadikan itu semua menjadi kenyataan, kepala sekolah harus dapat memfungsikan perannya secara maksimal dan mampu memimpin sekolah dengan bijak dan terarah serta mengarah pada pencapaian tujuan maksimal demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolahnya.

Untuk itulah, kepala sekolah dituntut agar dapat menjadi perantara terhadap interaksi di antara ketiga komponen dasar pendidikan ini secara seimbang, harmonis dan selaras. Sehingga akan muncul kepuasan yang mencerminkan dinamisasi konstruktif dalam satu institusi pendidikan. Karena itu, kepala sekolah, sekali lagim harus mempunyai wawasan, keahlian manajerial, mempunyai karisma kepemimpinan dan juga pengetahuan yang luas tentang tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah. dengan kemampuan yang dimiliki seperti itu semua, kepala sekolah tentu saja akan mampu mengantarkan dan membimbing segala komponen yang ada di sekolahnya dengan baik dan efektif menuju arah cita-cita bersama di masing-masing sekolahnya.

Dalam buku yang berjudul “Menjadi Kepala Sekolah Efektif”, yang ditulis oleh Abdullah Munir, mencoba memberikan banyak inspirasi, gambaran dan motivasi bagi seluruh kepala sekolah untuk dapat menjadi kepala sekolah profesional. Tanpa harus selalu memimpikan hal-hal yang fiktif, penulis mengajak para kepala sekolah agar dapat mengoptimalkan potensi dan posisi yang dimilikinya agar dapat memberikan andil tersendiri yang tentunta cukup besar pada peningkatan kualitas pendidikan di tanah air. Sehingga menghasilkan para peserta didik yang mampu membangun negeri ini dengan baik dan jauh lebih maju.

Penulis memberikan contoh bahwa ketika kepala sekolah tidak memiliki kemampuan utama seperti mengkomunikasikan antara pribadi dalam setiap sekolahnya, tentu akan kesulitan dalam menyosialisasikan ide, usulan, saran atau pikiran-pikiran yang dimilikinya kepada para guru dan karyawannya bahkan pada peserta didik sekalipun. Oleh karena itu kepala sekolah harus dapat menjadi pengayom bagi bawahannya dan mampu mengendalikan fungsi kepemimpinannya secara efektif dan profesional.

Berlatar belakang dari hasil penelitian, penulis buku ini memberikan ulasan cukup detail seputar potret kepala sekolah profesional. Dimulai dari acuan teoritis, hubungan guru dan kepala sekolah hingga deskripsi kepala sekolah ideal dapat dikemas dengan ringkas namun jelas dalam buku ini. Sebuah kajian yang secara jelas menyatakan bahwa keberhasilan tujuan pendidikan di masing-masing sekolah bertolak pada kemampuan dan profesionalitas masing-masing kepala sekolahnya.
Terlebih dalam memformulasikan pola hubungan kepala sekolah, guru dan karyawan bahkan juga dengan peserta didik. Kepala sekolah juga diharapkan untuk dapat mengembangkan dan memupuk sikap saling menghargai, percaya, memupuk rasa persaudaraan serta menghilangkan rasa saling curiga sesama seluruh sivitas sekolah yang ada. Bekerja keras untuk memberikan yang terbaik dalam memajukan pendidikan dan bersatu padu untuk mencetak generasi muda yang berkualitas dan penting bagi masa depan negeri ini.

Secara umum buku ini menyajikan gagasan-gagasan detail mengenai hal-hal seputar kepala sekolah. Kepala sekolah sebagai garda terdepan tercapainya tujuan-tujuan pendidikan dalam setiap lembaga pendidikan yang ada. Menjadikan buku ini teramat penting untuk kiranya dapat kita jadikan referensi bersama. Terutama bagi mereka yang kini tengah menjadi kepala sekolah agar dapat menjadi kepala sekolah yang benar-benar profesional. Sehingga -dengan bantuan guru dan sivitas pendidikan lainnya-  dapat menghantarkan para peserta didik menjadi individu-individu yang merdeka, matang, bertanggungjawab dan peka terhadap permasalah sosial di lingkungan sekitarnya.

Setidaknya dalam buku ini, mengajak kepada kepala sekolah pada khususnya untuk memiliki karakter pemimpin yang efektif dan profesional dalam menjalankan fungsinya. Dengan kata lain, masa depan bangsa ini tergantung kepada bagaimana manajerial pendidikan di masing-masing sekolah. Karena itu, melalui buku ini, paling tidak kita dapat menjadikan pendidikan bangsa ini lebih berkualitas dengan adanya optimalisasi kinerja kepala sekolah yang baik dan efektif menuju ke arah cita-cita pendidikan secara utuh. Sebuah mimpi yang tentu tidak sekedar menjadi utopia belaka, namun kita semua harus mencoba mewujudkannya sekarang juga.

*) Ahmad Makki Hasan
Mahasiswa Program Pascasarjana UIN Malang dan Guru SMA Negeri 1 Kota Malang

About these ads