Oleh: Ahmad Makki Hasan*)

Judul : China Naga Raksasa Asia (Rahasia Sukses China Menguasai Dunia)
Penulis : A. Zaenurrorik
Penerbit : Garasi – Yogyakarta
Cetakan I : Juni – 2008
Tebal : 180 halaman

Tidak diragukan lagi, sebuah peradaban yang hingga kini kian menunjukkan kejayaannya adalah negeri tirai bambu. Dengan penduduknya yang mencapai 1,3 milyar orang, China sudah berkembang pesat dan besar bahkan mengilhami peradaban-peradaban lain di jagat dunia ini. Lebih dari itu, kejayaan dan kemajuan perabadan China sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu kala dan berlangsung hingga sekarang.

China hari ini di sebut pula sebagai salah satu macan Asia yang sangat disengani di segala bidang. Mulai dari ekonomi, budaya, peadaban, ilmu pengetahuan dan teknologi hingga kepada sistem pertahanannya. Tidak luput juga pada bidang olahraga. Dimana tahun ini, China menjadi penyelenggara Olimpiade 2008 di Beijing.

Dalam tahun-tahun belakangan, kebangkitan China atau tepatnya pada bidang perekonomian di era globalisasi dan pasar bebas berkembang cepat dengan berasaskan ideologi khasnya yang disebut liberalisme-sosialisme. Seakan benar-benar telah mengguncang sendi-sendi kehidupan seluruh pelosok di dunia ini termasuk Indonesia.

Awalnya sebenarnya negeri Indonesialah yang diprediksikan lebih awal akan muncul sebagai macam Asia. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan adanya kebangkitan spektakuler bangsa ini. India bersama China malah jauh meninggalkan Indonesia yang kian terperosok bahkan kedua negera tersebut lebih dulu telah menunjukkan kekuatan barunya di kawasan Asia bahkan di dunia sekalipun.

Padahal China adalah suatu negara yang sangat besar dan pernah terseok-seok oleh kemiskinan dan ideologi Komunis-Sosialis. Hanya dalam waktu yang terhitung cukup singkat, ribuan perusahaan di Eropa, Asia, dan Amerika menjadi korban serbuan perdagangan China. Saat ini, China disinyalir tumbuh tiga kali lebih cepat daripada Amerika Serikat. Kebangkitan sang naga itu sendiri tentu tidak terjadi secara tiba-tiba. Butuh perjalanan panjang bagi China untuk menggapai itu semua sehingga kini tengah menjadi macan Asia.

China modern telah memberikan sebuah penampakannya yang sangat mengagumkan dan memesona. Menggambarkan keberhasilan akan kebijakan modernisasi dan reformasi ekonomi dan perdagangan secara ekstensif sejak tahun 1978. Menghasilkan banyak perubahan di seluruh wilayah negara Republik Rakyat China (RRC) mulai dari pesisir timur sampai ke ujung barat, dari kawasan selatan yang padat penduduknya sampai ke utara yang dingin hawanya.

Karena itu, tidak heran jika fenomena baru kebangkinan China saat ini begitu menarik banyak perhatian orang dari segala penjuru dunia. Para pebisnis, pengamat ekonomi, jurnalis, dan siapa pun yang ingin memahami secara lengkap fenomena kebangkitan ekonomi China dan dampak-dampak internasionalnya di berbagai bidang.

Buku dengan judul “China Naga Raksasa Asia (Rahasia Sukses China Menguasai Dunia)” menggambarkan betapa kemampuan bertahan karena para penduduknya, China dapat membangun suatu peradaban yang praktis sehingga tidak mudah tergoyahkan apalagi hancur. Penulis buku ini, A. Zaenurrofik, dengan bahasanya yang ringan, sederhana dan ringkas namun kuat dalam analisisnya, ternyata mampu mengungkapkan sekilas rahasia kekuatan China selama ini. Perkembangan peradaban yang berkemajuan sejak ribuah tahun sebelum masehi yang silam hingga di zaman mutkahir sekarang ini.

Lantaran peradabannya yang sangat tinggi itulah buku ini hadir sebagai media acuan, pemahaman, pembelajaran dan juga pengayaan intelektual bagi para pembacanya yang hidup di zaman ini. Singkatnya, dibanding buku-buku yang sejenis, buku ini tidak dapat dikesampingkan begitu saja untuk dijadiran referensi kemajuan China. Utamanya bagi perjalanan bangsa kita ini selanjutnya ke depan. Belajar dari negeri sanga naga yang kini menjadi raksasa baru dunia.

Tidak dapat dipungkiri lagi, China saat ini sudah mulai merongrong dominasi Barat dan tengah bersiap-siap untuk menjadi negara digdaya yang melampui negara-negara Barat bahkan Amerika Serikat sekalipun.Meskipun teramat panjang dan melelahkan untuk diikuti secara detail, namun ini adalah sebuah buku yang luar biasa. Buku yang membahas tentang kemajuan peradaban China agar nantinya dapat dijadikan spirit baru bagi kemajuan perabadan bangsa-bangsa lain termasuk negeri ini, Indonesia.

Dimana China kini tengah menapaki berbagai pembaharuan dan kemoderenan. Namun, tidak sama sekali melepaskan ikatan terhadap nilai-nilai tradisionalnya dibalik gegap gempitanya kebudayaan dunia yang masuk ke dalam peradabannya sendiri. Keberhasilah dan kejayaan China bukan hanya kemengangan bagi rakyat China semata, tapi sudah menjadi peradaban dunia yang patut diapresiasi dan menjadi sebuah inspirasi. Semoga!

*) Ahmad Makki Hasan
Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.