Ahmad Makki Hasan
Guru di SMA Negeri 1 Kota Malang
ahmadmakkih@gmail.com

METODE pembelajaran dengan model digital, e-learning, daring, online, dan banyak istilah baru lainnya terus berkembang dan menjadi kebutuhan di dunia pendidikan kontemporer. Fenomena ini terjadi seiring munculnya beragam inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Telkom Indonesia bersinergi dengan program pemerintah di bidang pendidikan terpanggil membantu pendidik di tanah air agar memiliki kompetensi khusus di bidang TIK.

Kontribusi nyata dalam mengoptimalkan pembelajaran peserta didik yang diwujudkan dalam Indonesia Digital Learning (IDL). Tahun 2016 ini IDL masuk tahun ketiga ditandai dengan seminar di delapan kota besar sekaligus.

Di Surabaya, seminar IDL 2016 digelar Kamis-Jumat, 21-22 April 2016 di Hotel Garden Palace Surabaya yang dihadiri 300 peserta pendidik se Jawa Timur yang lolos seleksi.

Hadir sebagai pemateri utama di hari pertama adalah Rangga Firdaus M.Kom, dosen di Universitas Lampung. Trainer di bidang TIK ini mengulas detail seputar tantangan model pembelajaran generasi abad ke-21.

Menurutnya, teknologi diciptakan tidak untuk menggantikan peran guru, orang tua, atau bahkan masyarakat. Namun teknologi hadir guna memenuhi kebutuhan pendidikan masa kini.

Generasi pembelajar memiliki perbedaan karakteristik dari satu masa ke masa lainnya. Mulai dari generasi veteran, baby boomers, generasi X, generasi Y hingga kini disebut generasi Z.

Khusus bagi generasi Z, menjadikan teknologi sebagai instrumen dalam penyelesaian semua masalah dan generasi ini cenderung memiliki tren yang sangat dinamis.

Rangkaian IDL 2016 ini nantinya juga akan memberikan penghargaan My Teacher My Hero bagi  para pendidik Indonesia yang memilki inovasi pembelajaran digital terbaik. Kompetisi bagi para pendidik ini memiliki beberapa tahapan yang cukup panjang.

Sebagai  bentuk apresiasi yang tinggi terhadap guru, Telkom Indonesia menjanjikan program study tour ke Australia pada Mei 2016 nanti.

Semoga program IDL 2016 ini menjadi aksi nyata bagi lahirnya tunas-tunas unggul generasi bangsa Indonesia mendatang. Amin.

Tulisan ini telah di muat di harian pagi SURYA, edisi Senin, 2 Mei 2016

http://surabaya.tribunnews.com/2016/05/01/menanti-kelahiran-generasi-z-di-indonesia-digital-learning-2016#

 

surya